MENUJU HIDUP yang BERKUALITAS dengan DIET ALAMI yang IDEAL BERSAMA ayu DIET dan SEHAT

Senin, 09 April 2012

Dimana sebagian besar lemakmu tersimpan?


Dimana sebagian besar lemakmu tersimpan?
Walaupun Anda tidak kelebihan berat badan, tolong perhatikan ukuran pinggangmu. Bila uluran pinggangmu terus membesar tiap tahun, Anda harus mulai memikirkan mengendalikan dietmu dengan serius karena lemak tubuh Anda bisa mengakibatkan masalah serius pada kesehatan Anda.

·        Lemak subkutan vs. Lemak visceral – lemak mana yang lebih membahayakan jiwa dan kenapa ?
Baik lemak subcutaneous maupun lemak visceral berdampak pada kesehatan setiap orang. Walau demikian, lemak visceral di organ-organ tertenu bisa memproduksi adipocytokines. Ada dua jenis adipocytokines, yang satu bekerja untuk mencegah astherosclerosis, yang lainnya memperbanyak astherosclerosis. Begitu keseimbangan prouksi adipocytokines terganggu oleh kelebihan lemak visceral, berbagai indeks kesehatan seperti tekanan darah akan terpengaruh dan menciptakan penggumpalan darah, lalu menyebabkan masalah-masalah kesehatan yang serius.

 

·        Adakah cara mudah untuk mengenali lemak jenis apa yang bisa saya miliki?
Ya, Body Mass Index (BMI) dan Waits Circumference(WC) dapat digunakan untuk mengukur bentuk tubuh sesorang. Orang dengan bentuk tubuh seperti apel selalu memiliki lebih banyak lemek visceral.

·        Apakah sindrom metabolis itu? Kenapa lemak tubuh mengakibatkan resiko kesehatan?
Sindrom metabolis adalah status seseorang dengan resiko Atherosclerosis tinggi(pengerasan pembuluh darah). Pada kebanyakan kasus, ukuran yang digunakan adalah Waist Circumference(WC). Sebagai contoh di Taiwan, bila ukuran WC seseorang melebihi 35 inci pada pria atau 32 inci pada wanita dan dihubungkan dengan tekanan darah tinggi serta hyperlipidemia(kelebihan lemak atau lipids dalam darah), merekadianggap sebagai pasien penderita sindrom metabolis. Semakin banyak lemak tubuh, menghasilkan semakin banyak pula protein cytokine yang berfungsi sebagai pembawa pesan antara sel-sel untuk mengatur peradangan.

·        Lemak mana yang mudah untuk dihilangkan?
Lemak visceral atau lemak tubuh yang melekat pada organ tubuh seseorang mudah dihilangkan dengan berolah raga, mengontrol asupan makanan dan mengurangi berat badan. Mengecikan ukuran pinggang dan mempertahankan ukuran BMI dalam batas normal tidak hanya membuat anda tetap sehat tetapi juga membantu menghilangkan lemak yang tidak diinginkan itu. Ketahuilah BMI anda dengan menggunakan perhitungan ini

Bagaimana menghitung BMI mu
Definisi WHO tentang kelebihan berat badan dan kegemukan berdasarkan ukuran BMI (Body Mass Index)*
BMI  >25kg/m2 : Kelebihan berat
         >30kg/m2 : Obesitas/ kegemukan

BMI adalah indeks sederhana untuk berat atas tinggi badan yang biasa digunakan untuk menggolongkan kelebihan berat dan kegemukan pada orang dewasa. Didefinisikan sebagai berat badan seseorang dalam kilogram dibagi tinggi dalam meter persegi(kg/m2).

              BMI = Berat(kg) : Tinggi(m)²

Tidak ada komentar:

Posting Komentar